Kemah Bakti RaJAB Cijemit, Kab. Kuningan, Jawa Barat

20180825_100235

Salah satu rumah belajar yang dikelola oleh PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP), yakni RaJAB Cijemit, menyelenggarakan acara Kemah Bakti untuk anak-anak didiknya. Kemah Bakti yang diadakan sejak hari Jumat (24/8) hingga Sabtu (25/8) di RaJAB Desa Cijemit, Kab.Kuningan – Jawa Barat ini merangkai berbagai kegiatan yang melatih karakter disiplin dan pemberani para siswa RaJAB. Terdapat 52 siswa RaJAB Cijemit yang mengikuti kegiatan Kemah Bakti dengan antusias. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kak Jusen, Ketua Kwaran Ciniru, yang ditunjuk untuk menjadi inspektur upacara pembukaan Kemah Bakti tersebut.

20180824_143908

Kegiatan hari pertama dalam agenda Kemah Bakti diawali dengan upacara pembukaan Kemah Bakti yang diikuti dengan hikmat oleh seluruh peserta upacara. Setelah itu, anak-anak RaJAB dibekali oleh sosialisasi Anti Bullying dari Kak Ara dari MAP yang menekankan pentingnya mencegah dan menghindari bullying terhadap sesama temannya. Tak hanya siswa RaJAB, para ibu dari siswa RaJAB pun turut diundang dan diajak berbagi serta berdiskusi pada sesi Panduan Pengasuhan dengan topik ‘Berkomunikasi dengan Anak’. Sesi ini dibawakan bersama dengan narasumber dari MAP (Ibu Yully) dan Karang Taruna Jawa Barat (Kang Ediyana).

BeFunky-collage

Malam harinya dilanjutkan dengan agenda Cerdas Cermat Beregu. Para siswa RaJAB bersaing mengasah pengetahuan dan wawasan untuk mendapat nilai tertinggi. Agenda ini diikuti dengan adu yel-yel antar grup. Setiap grup menampilkan yel-yel yang kreatif dan unik rancangan mereka sendiri. Setelah itu, tepat jam 10 malam, saatnya anak-anak RaJAB kembali ke tenda masing-masing dan beristirahat.

Agenda hari berikutnya diawali dengan ibadah Subuh berjamaah, lalu senam pagi yang dipimpin oleh salah satu mentor RaJAB. Kegiatan senam ini dibarengi dengan games yang juga melatih konsentrasi dan kemampuan anak-anak RaJAB untuk bisa fokus di tengah gangguan. Usai sarapan, anak-anak melaksanakan Bakti Sosial (BAKSOS) membersihkan lingkungan desa mereka dengan memungut sampah-sampah yang berserakkan di jalan. Kemah Bakti pun diakhiri dengan acara penutupan yang terdiri dari games, pembagian hadiah apreasiasi tiap kelompok, pemilihan regu terbaik dan tergesit, dan pengumuman nilai tertinggi Cerdas Cermat.

BeFunky-collage (2)

Melalui kegiatan Kemah Bakti ini, siswa RaJAB Cijemit belajar arti dari kedisiplinan, keberanian dan kreatifitas, serta pentingnya untuk mengaplikasikan unsur-unsur tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Mereka juga belajar tentang tenggang rasa kepada sesama teman dan pentingnya untuk menghindari dan mencegah bullying terhadap sesama temannya. Semoga RaJAB Cijemit terus maju dan makin banyak mencetak generasi-generasi penerus bangsa yang pintar, kreatif dan berkarakter baik.