MAP EDUSPORTS: Pendidikan Karakter Anak Indonesia Melalui Olahraga

Jakarta, 30 Mei 2015 – PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP), semakin serius menunjukkan sesungguhannya berkontribusi sosial kepada masyarakat. Setelah di tahun 2014 mendirikan Rumah Belajar Anak Bintang (RaJAB) sebagai program CSR MAP yang terfokus pada bimbingan belajar yang terintegrasi dengan pendidikan karakter anak, kini bekerjasama dengan Asian Soccer Academy (ASA) Asia Foundation menggelar program MAP Edusports yang dikemas dalam bentuk Training of Trainer (TOT) dengan peserta 15 guru olahraga dari 10 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Jakarta. Melalui MAP Edusports para guru olahraga diharapkan mampu menerapkan pendidikan karakter melalui olahraga kepada sekitar 2,000 siswa, khususnya pada olahraga bola basket dan sepak bola.

Program MAP Edusports akan dilangsungkan selama enam bulan (Juni-November 2015), diawali dengan kegiatan TOT selama dua hari, yaitu pada tanggal 30-31 Mei 2015 di SMP Negeri 67 Jakarta. Para guru peserta program akan dibekali wawasan dan keterampilan olahraga bola basket dan sepak bola oleh para trainer profesional dari ASA ASIA Foundation, untuk kemudian secara intensif menerapkan bekal pengetahuan dan ketrampilanya kepada siswa didik di sekolah masing-masing.

Fetty Kwartati, Corporate Secretary MAP, menuturkan, “Training of Trainer kami pilih sebagai bentuk program dari MAP Edusports agar sustainability program ini dapat berjalan dengan baik.” Fetty menambahkan, “Dengan memberikan ilmu dan keterampilan melalui program ini kepada para guru, maka manfaatnya akan lebih maksimal dan ilmu yang diperoleh dapat diterapkan langsung kepada siswa serta ditularkan kepada para guru olahraga lainnya.”

Materi TOT dalam MAP Edusports bukan hanya terfokus kepada praktik olahraga, melainkan juga pembahasan mengenai  nilai-nilai  karakter  yang  dapat  ditemukan  dalam  setiap  praktik  olahraga  tersebut. Oleh karen itu kegiatan TOT ini akan terbagi antara kegiatan in-door dan out-door. Penerapan ilmu dan ketrampilan para guru olahraga setelah mengikuti program ini akan berlangsung secara intensif selama 6 bulan berturut-turut, serta dievaluasi secara periodik.    Lee Hawkins, Technical Advisor ASA ASIA Foundation, menyatakan, “Kami fokuskan TOT ini kepada pendidikan Life Skill melalui olahraga, khususnya pada olahraga sepak bola dan bola basket. Program ini akan memberikan dampak jangka panjang bagi para siswa dalam mengembangkan potensinya, kemampuan tehnik berolahraga dan sekaligus perkembangan kepribadiannya, yang pada akhirnya bukan hanya memberikan pengembangan secara  fisik namun juga secara personal.”

Program MAP Edusports sebagai wujud komitmen MAP dalam berkontribusi sosial di bidang pendidikan karakter anak ini diharapkan dapat memberdayakan dan meningkatkan standar hidup anak-anak Indonesia melalui bidang pendidikan non akademis, yaitu olahraga.

Para peserta dengan antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan TOT, baik yang dilakukan di dalam ruangan/indoor maupun di luar ruangan/outdoor. Di dalam ruangan, para guru diberikan materi mengenai life skill yang wajib diterapkan dalam berolahraga serta bagaimana sebaiknya pendidikan life skill tersebut disampaikan kepada siswa didik di sekolah masing-masing. Diantaranya terkait motivasi, komunikasi, sportivitas, leadership. Pengarahan disampaikan secara interaktif, sehingga para peserta tidak hanya menerima pengarahan yang disampaikan oleh trainer dari ASA ASIA Foundation, namun secara bergantian mendiskusikan kasus-kasus yang kerap mereka alami dalam mengajar. Materi juga disampaikan dalam bentuk aktivitas games serta presentasi video olahraga.

Kegiatan di luar ruangan didominasi praktik atau drilling olahraga bola basket dan sepak bola yang dapat digunakan oleh para peserta untuk menyampaikan materi life skill kepada siswa. Melalui kegiatan tersebut, para peserta juga diberikan simulasi oleh trainer untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas dalam mengajar. Para guru yang menjadi peserta diarahkan untuk tidak lupa menjelaskan secara ringkas nilai-nilai life skill yang terdapat dalam aktivitas olahraga, agar hal tersebut benar-benar tertanam dan senantiasa diterapkan oleh siswa di keseharian mereka. Di akhir kegiatan, para peserta diberikan tes tertulis untuk membandingkannya dengan hasil pre-test yang dilakukan di awal kegiatan, untuk mengetahui peningkatan dan perubahan yang dicapai dari kegiatan TOT.

Sekilas tentang MAP CSR

Aktivitas CSR MAP dirintis sejak 2011 dan berjalan secara berkesinambungan. Di tahun 2012 dengan fokus pada bidang pendidikan, MAP memberikan beasiswa kepada sejumlah anak jalanan dan melibatkan karyawan untuk membantu anak-anak jalanan belajar dalam program “MAP Mengajar”. Selain dukungan pendidikan kepada anak-anak, sejak 2011 hingga sekarang pendidikan juga diberikan kepada orang dewasa, berupa akses pengetahuan tentang pengasuhan yang patut baik melalui penerbitan lembaran maupun buku panduan praktis pengasuhan “Lembar Kiat Orangtua Hebat” yang didistribusikan ke banyak komunitas orangtua. Selain itu melakukan sesi Bincang Pengasuhan kepada masyarakat baik di wilayah Jabotabek, maupun di luar kota. Sepanjang tahun 2013, kegiatan CSR MAP lebih spesifik lagi pada bidang pendidikan karakter yang mendasari tumbuh kembang anak agar menjadi generasi yang tangguh dan mandiri melalui Jambore. Di tahun 2014 MAP juga telah mendirikan Rumah Belajar Anak Bintang (RaJAB) yang berlokasi di Desa Sukawening Kec. Ciwidey dan Kel. Gempolsari, Kota Bandung. Pada 7 Oktober 2014, MAP juga meluncurkan program pembinaan wirausaha berbasis pengasuhan bagi para ibu di Bandung. Atas komitmennya dalam kontribusi sosial hingga saat ini, tahun ini MAP memperoleh penghargaan “The Best CSR” dari Majalah FinanceAsia. Tahun ini MAP melanjutkan program RaJAB, Komunitas Wirausaha Berbasis Pengasuhan dan kini  menginisiasi program baru, yaitu MAP EduSports bersama ASA Asia Foundation. Lebih lengkap tentang MAP CSR kunjungi www.map-csr.com.

 Tentang PT Mitra Adiperkasa Tbk

Per April 2015, MAP mengoperasikan 1.879 gerai ritel di 65  kota di Indonesia. Konsep utama yang dikelola oleh perusahaan diantaranya: Department Stores: Sogo, Debenhams, Seibu dan Galleries Lafayette; Fashion & Lifestyle: Zara, Marks & Spencer, Topman, Topshop, Next, Kipling, Lacoste, Nautica, Massimo Dutti, Staccato, DKNY, Crabtree & Evelyn, Swarovski , Zara Home dan Sephora; Sports: Converse, Golf House, Payless ShoeSource, Oakley, Planet Sports, Reebok, Rockport, Skechers, Sports Station, The Athlete’s Foot danThe Sports Warehouse; Food & Beverage: Starbucks, Burger King, Domino’s Pizza, Pizza Marzano, Krispy Kreme, Cold Stone Creamery Ice Cream, Godiva dan Chatterbox; Kids: Kidz Station, Oshkosh B’Gosh, Barbie Boutique and Stride Rite; Others: Kinokuniya dan Alun Alun. Untuk informasi lebih lengkap tentang MAP, kunjungi www.map-indonesia.com.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Fetty Kwartati
Corporate Secretary
PT Mitra Adiperkasa Tbk
Telepon: 021 575 0755
Fax : 021 574 0150
Email : fetty.kwartati@map.co.id