Mosaic RaJAB: Indonesia Aku Bangga! | PEDULI KESENIAN LOKAL, MAP MEMPRAKASAI KEGIATAN MOSAIC SISWA – SISWI RUMAH BELAJAR ANAK BINTANG

IMG-20161218-WA0009

Melalui kegiatan yang digelar selama dua hari, Sabtu (17/12) – Minggu (18/12) di Vila Avina Lembang, Badung – Jawa Barat, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) berupaya menumbuhkan apresiasi dan kencintaan anak-anak Indonesia terhadap kekhkesenian dan permainan tradisional Jawa Barat. Kegiatan yang melibatkan lebih dari 150 peserta yang berasal dari Rumah Belajar Anak Bintang (RaJAB) – salah satu program Kepedulian Sosial Perusahaan – Corporate Social Responsibility (CSR) binaan MAP, ini adalah Mosaic RaJAB yang baru pertama kali dilaksanakan.

Mengusung tema “Indonesia, Aku Bangga!”, para peserta mendapat kesempatan untuk mengenal dan mempelajari lebih dalam kesenian-kesenian tradisional Jawa Barat seperti Rampak Sekar, Tari Jaipong, Pencak Silat, serta alat musik Calung dan Rampak Gendang. Selain itu, peserta juga diajak untuk mengenal kembali permainan tradisional Jawa Barat seperti Gatrik dan Pepeletokan.

20161217_134249
Melibatkan para pelaku seni tradisi Sunda professional, di hari pertama, peserta Mosaic melalui tahap discovery kekayaan musik tradisional Indonesia melalui pemaparan dari narasumber. Selanjutnya, para peserta diberi kesempatan untuk mempelajari keseluruhan kesenian tradisional secara bergiliran dan berkelompok. Tahap tersebut adalah tahap understanding, yaitu tahap dimana peserta Mosaic diberi pemahaman secara lebih mendalam mengenai keunikan dan cara memperlakukan masing-masing kesenian tradisional tersebut oleh ahlinya.

Di hari selanjutnya, setelah puas diperkenalkan dan memainkan permainan tradisional di pagi hari, peserta memasuki tahap creation. Mereka dibagi ke dalam beberapa kelompok berdasarkan peminatannya, kemudian berlatih bersama untuk menampilkan penampilan kolaborasi kesenian tradisional dari materi-materi yang sudah mereka pelajari di hari sebelumnya. Penampilan peserta tersebut merupakan puncak acara Mosaic RaJAB.

20161217_121132

Seluruh peserta Mosaic berhasil membuktikan bahwa bila mereka peduli dan tekun berlatih, mereka dapat turut andil melestarikan kesenian dan permainan tradisional Jawa Barat yang kini semakin tergerus oleh modernisasi dan tekhnologi. Mereka juga mengakui bahwa dari kesenian dan permainan tradisional tersebut, mereka juga mendapatkan pembelajaran pembentukan karakter, seperti percaya diri, gigih, kerja sama dan berani. Disampaikan pula bahwa mereka akan dengan senang hati terus mengambil peran dalam pelestarian kesenian tradisional, sebagai dampak dari keikutsertaan mereka pada kegiatan Mosaic RaJAB 2016 ini.