RaJAB Gempolsari Merayakan Hari Jadi yang Ke-4

WhatsApp Image 2018-08-26 at 1.43.37 PM

Hari Minggu, 26 Agustus 2018, tepat merupakan hari jadi RaJAB Gempolsari yang ke-4. RaJAB Gempolsari merayakan momen hari jadi ini dengan berbagai macam penampilan dari para siswa RaJAB Gempolsari. Ada yang menampilkan bernyanyi solo, pencak silat, dan kabaret.

Tema yang diambil dalam ulang tahun RaJAB Gempolsari tahun ini adalah “United in Diversity”. Tema ini telah disosialisasikan jauh hari sebelum acara dilaksanakan. Para siswa diberikan kesadaran atau awareness secara terus-menerus bahwa hidup ini tidak sendirian, tetapi selalu berdampingan dengan yang lain yang berbeda-beda dalam berbagai segi.

Perayaan Ulang Tahun RaJAB Gempolsari ini sepenuhnya dijalankan oleh para siswa, mulai dari MC, memimpin doa, penampilan-penampilan, dan sebagainya. Beberapa peserta didik RaJAB Gempolsari, yaitu Fikri, Irma dan kawan-kawan, menginisiasi ide yang menggembirakan. Mereka membuat kabaret yang berjudul “Pemilihan Kades di Desa Bahagia”. Kabaret ini bercerita tentang pemilihan Kepala Desa yang para calonnya berasal dari suku yang berbeda-beda. Mereka melakukan kampanye, tetapi dalam kampanyenya mereka melakukan pelanggaran dengan melakukan kecurangan. Pihak Bawaslu memberi sanksi kepada mereka dan dengan kelegowoan mereka menerima putusan Bawaslu dan didiskualifikasi. Hal unik dan menarik dalam kabaret ini adalah mereka (Anak-Anak RaJAB) yang membuat semuanya (naskah, tokoh, dubbing, dsb). Para mentor hanya menjadi fasilitator untuk sedikit saran atau mengedit isi cerita.

Penampilan lainnya adalah pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh 17 anak RaJAB Gempolsari, penampilan pencak silat, tarian Bandung Masagi, dan tarian Manuk Dadali. Semua penampilan ini merupakan bagian dari ekspresi kecintaan kepada budaya daerah dan mencerminkan kearifan lokal di dalamnya. Untuk penampilan kontemporer pun tidak ketinggalan untuk ditampilkan, seperti menyanyikan lagu anak terkini “Lukisan Indah” dari penyanyi cilik Naura dan lagu-lagu religi dari Nissa Sabyan.

BeFunky-collage

Dengan umur RaJAB Gempolsari yang sudah menginjak 4 tahun ini, semoga RaJAB Gempolsari panjang umurnya dan bisa lebih banyak mencetak generasi-generasi yang baik, pintar, kreatif, dan berkarakter demi Indonesia yang lebih baik.