RajAB

TENTANG RAJAB

Latar Belakang

30% dari populasi negeri kita, terdiri dari anak-anak. Itu artinya, saat ini terdapat sekitar 80 juta anak Indonesia yang kelak diharapkan akan meneruskan kelangsungan negeri ini.

Kesadaran akan beragam potensi anak yang patut dikembangkan (utamanya berusia 15 tahun), sekaligus ancaman yang ada diseputar mereka, karena ketiadaan dan ketidakcukupan pendidikan dan pengasuhan dari waktu ke waktu yang kian meresahkan. Khususnya bagi anak-anak dengan latar belakan keluarga pra-sejahtera, anak-anak yatim juga anak-anak jalanan.

Bergantung pada kemampuan pemerintah saja jelas tak cukup. Sebab itu kepedulian dan kesungguhan berbagai pihak, baik lembaga, korporasi, komunitas maupun individu untuk terlibat membimbing dan menumbuhkembangkan bakat dan kemampuan mereka akan memberikan makna dan mannfaat agar permasalahan ini dapat secara bertahap menemukan solusinya.

 

RUMAH BELAJAR ANAK BINTANG (RaJAB) adalah sebuah ruang, dan upaya pendampingan belajar secara cuma-cuma yang disediakan untuk anak-anak yang berasal dari keluarga pra-sejahtera dalam rangka memaksimalkan potensi dan penguasaan bidang studi, beriringan dengan pembentukan karakter positif, agar mereka memiliki masa depan yang lebih baik.

 

RaJab merupakan inisiatif baru untuk Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social responsibility – CSR) PT. Mitra Adi Perkasa Tbk di tahun 2014. Dengan tetap melanjutkan fokus kegiatan CSR pada bidang Pendidikan dan Pengasuhan, RaJAB akan menjadi program jangka panjang. Selain memberikan bimbingan belajar secara GRATIS untuk bidang studi: Matematika, Bahasa Inggris dan Pengetahuan Alam (menggunakan panduan kurikulum sekolah), di RaJAB anak-anak juga mendapatkan materi pendidika karakter secara signifikan melalui cara-cara yang kreatif dan menyenangkan. Disamping itu RaJAB mengajak serta keterlibatan orang tua mereka melalui sesi bincang pengasuhan yang diselenggarakan secara teratur.

 

RaJAB hadir sebagai salah satu upaya untuk memberikan solusi terhadap pengembangan potensi anak. Memberikan ruang untuk bereksplorasi, berkreasi dan belajar, bukan hanya dari aspek pengetahuan akademis (bidang studi), melainkan disaat yang bersamaan juga menempa dan membentuk karakter anak-anak ini dengan pendekatan yang ramah anak dan bersahabat.

Mengasah dan mengembangkan potensi setiap anak, memberikan apresiasi dan dorongan / dukungan agar tumbuh harga diri, keyakinan, rasa percaya diri serta keberanian untuk terus maju dan berkembang, hingga anak-anak ini mampu meraih ‘BINTANG” yang dicita-citakan, membawa mereka memiliki masa depan yang lebih baik, masa depan mereka yang DASYAT!

Metode Pendampingan dan Bimbingan Belajar

Metode belajar aktif dan menggunakan pendekatan kerjasama
Metode yang memungkinkan adanya pelibatan aktif anak didik. Memberi kesempatan pada anak didik untuk bereksplorasi, memecahkan masalah, bereksperimen dan berkreasi secara individual maupun kelompok dalam kegiatannya sehari-hari.

Anak didik dirangsang untuk aktif, kreatif, mandiri dan memiliki disiplin tinggi, tanpa ancaman dan paksaan. Anak didikpun belajar untuk menghargai pendapat orang lain dan belajar menyampaikan pendapatnya dengan baik.

Membangun kecerdasan emosional spritual
Cara efektif untuk mencapai belajar anak didik secara maksimal dengan membangun kecerdasa emosi dan spritual secara bersamaan. Penemuan mutakhir ini, memungkinkan anak-anak bergerak dengan bebas tanpa harus kehilangan fitrah diri karean semua kerja otak, jasad dan ruh dibingkai dalam satu kekuatan rangkuman spritual.

PILAR RUMAH BELAJAR ANAK BINTANG